Minggu, 22 April 2012

Manfaat dan Khasiat Biji dan Daun Kemangi.

Manfaat dan Khasiat Biji dan Daun Kemangi. Kemangi (Ocimum basilicum) adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat. Khasiat Mahkota Dewa dan Khasiat Kemangi bisa anda baca di blog Tanaman Obat Keluarga Sehat ini.



Kemangi
http://www.landcraftenvironment.com/mm5/graphics/00000001/OCIM-GCl.jpg
Nama ilmiah : Ocimum basilicum

Nama daerah :
Nama-nama daerah bagi Kemangi tersebut antara lain kemangi (Jawa), kemanghi (Madura).

Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis Kemangi
Tumbuhan kemangi memiliki rasa agak manis, bersifat dingin, berbau harum, dan menyegarkan. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada seluruh bagian tanaman kemangi di antaranya 1,8 sineol, anethol, apigenin, dan boron. Sementara pada daunnya terkandung arginine dan asam aspartat.

Khasiat dan Manfaat Kemangi

1. Panu
Segenggam daun kemangi cuci, tumbuk halus. Beri sedikit air kapur sirih. Gosokkan ramuan ini pada kulit yang berpanu. Lakukan ini 2x sehari.

2. Diare dan Muntah
Daun kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan.

3. Sariawan
50 helai daun kemangi dicuci bersih, kunyah sampai halus selama 2 - 3 menit. Telan. Minum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.

4. Bau Nafas, Bau Mulut
Sering-sering makan lalapan daun kemangi, daun kunir, dan daun beluntas.

5. Bau Keringat
Kemangi secukupnya dimakan sebagai lalapan santap malam selama 1 minggu.

6. Mencegah kemandulan
Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

7. Mengobati kutil, dengan cara daun kemangi dicuci bersih kemudian diusapkan/digosokkan pada kutil dengan berulang-ulang dan teratur.

8. Teh yang dibuat dari daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi mual, disentri, atau menurunkan panas (sebagai antipiretik). Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air, lalu diminum. Bila perlu tambahkan madu sebagai pemanis.

9. Mata Katarak
ambil 2 biji kemanggi yang telah kering, dan masukan ke dalam mata pada waktu tidur malam. Pada keesokan paginya akan keluar kotoran dari dalam mata dan dapat membersihkan mata katarak.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2011. kabarpintar . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Kabarpintar . Published by kabarpintar Templates